Soal UN Tentang Essay
UN TAHUN 2013/2014
1. Cermatilah kutipan esai berikut!
Pengajaran
sastra di sekolah dari hari ke hari semakin sarat dengan persoalan. Keluhan
dari para guru dan sastrawan tentang rendahnya tingkat apresiasi sastra menjadi
bukti konkret persoalan dalam pembelajaran sastra di sekolah. Persoalan yang
dimaksud terbatas, buku dan bacaan penunjang di sekolah juga terbatas,
kurikulum yang hanya menempelkan pembelajaran sastra pada pembelajaran bahasa
Indonesia, serta minat siswa terhadap sastra sangat rendah ...
Simpulan paragraf tersebut adalah ...
A. Banyak sekali
siswa yang tidak msu belajar.
B. Sangat sulit
memahami karya sastra itu.
C. Sungguh
menyenangkan belajar sastra itu.
D. Pembelajaran
sastra di sekolah bermasalah.
E. Ternyata tidak
hanya sastra yang bermasalah.
UN
TAHUN 2013/2014
2.
Bacalah penggalan puisi berikut dengan
cermat!
Pandangan Jarak Jauh
Apa
yang terjadi dikampungku
telah
menjadi tayangnan televise
di
rumahmu, gambarnya hampir sama
dengan
serial drama yang selalu kau tunggu
bahkan
tangisnya
hingga
teriakan-teriakannya
sama
saja
keseharian
dan riasan begitu susah dibedakan
seperti
lumpur dan pupur
(F.Aziz
Manna)
Kalimat kritik yang sesuai dengan
penggalan puisi tersebut adalah….
A. Adnya huruf kapital dan tanda baca pada larik-larik puisi tersebut akan
memberikan kebebasan penafsiran.
B. Bahasa yang digunakan sederhana sehingga mudah dipahami dan meninggalkan
kesan bahwa isi puisi menggambarkan berita tayangan televise.
C. Pemilihan kosakatanya rumit dan kompleks, tetapi tema yang dipilih unik
dan langka
D. Kata Lumpur menggambarkan
kehidupan keseharian masyarakat kelas bawah sedangkan pupur dan riasan
menggambarkan masyarakat kelas atas.
E. Isi puisi yang berupa balasa dipadu dengan perbandingan dan persajakan
yang kompleks menghasilkan puisi yang unik, tetapi sulit dipahami.
UN TAHUN
2013/2014
3. Bacalah kutipan resensi berikut!
Judul buku : Sihir Negeri Pasir
Pengarang : Siwi Nurdiani
Cetakan : Pertama, Maret
2012
Penerbit : Najah, Yogyakarta
Tebal : 311 halaman
Siapa pun anda pasti pernah
merasakan jatuh cinta, jatuh cinta merupakan peristiwa yang dialami oleh banyak
orang, termasuk dua orang tokoh dalam novel Sihir Negeri Pasir ini, Nanang dan Hida. Sayangnya, keinginan
mereka untuk segera memiliki momongan pupus gara-gara Hida mengalami keguguran.
Konflik antara Nanang dan Hida mulai terbangun, kemudian bergerak secara alami.
Dengan
pelukisan latar yang kuat dan apik, dialog antartokoh Nanang dan Hida itu terasa
hidup. Kelebihan lain karya novelis muda asal Kubon Progo, Yogyakarta ini,
ialah konflik yang dibangun cukup menarik. Meskipun tidak berlapis-lapis,
konflik yang dibangun cukup memikat, sekalipun suspensinya mudah diterka
pembaca.
Sebagai novelis muda, Siwi Nurdiani sudah
memiliki modal pengalaman tulis-menulis, selain juga menjadi guru bahasa
Indonesia di MAN 2 Wates. Novel Sihir Negeri Pasir ini merupakan bentuk
kesungguhannya berkarya dengan menggali warna lokal, khususnya Kulon Progo.
Sebagai bacaan sastra, sastra ini sama memikatnya dengan novel Laskar
Pelangi Andrea Hirata, atau Negeri
Lima Menara Akhmad Fuadi.
(Sumber: Sudarynto, Majalah Pewara Dinamika Universitas Negeri
Yogyakarta)
Kalimat resensi yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah…
- Novel Sihir Negeri Pasir menampilkan dua
tokoh Nanang dan Hida.
- Novel Sihir Negeri Pasir melukiskan latar
yang kuat dan konflik yang menarik.
- Novel Sihir Negeri Pasir merupakan cermin
kesungguhan penulis.
- Novel Sihir Negeri Pasir karya guru bahasa
Indonesia yang kreatif.
- Novel Sihir Negeri Pasir menggali warna daerah Kulon Progo.
UN 2014/2015
4.
Cermati penjelasan berikut!
Penyair meletup-letup, jujur
dalam mengunkapkan realita kehidupan. Akan tetapi, kejujuran itu pantulan untuk
orang lain semata. Seperti dalam puisi MAJOI karya Taufik Ismail. Jujur saja
apakah pengarang sudah mengumpulkan fakta? BAgaimana kalu kata ganti”aku” daam
puisi digunakan “kita” agar lebih factual.
Kalimat kritik yang sesuai dengan isi penjelasan tersebut adalah…
A.
Tidaklah mudah menciptakan karya sastra bernilai dan bermutu.
B.
Dalam puisi MAJOI, Taufik Ismail sebaiknya menggunakan kata ganti
“kita”.
C.
Seorang penyair memang harus berani mengungkapkan fakta kehidupan.
D.
Ungkapan sindiran dalam sebuah karya puisi dirasakan paling tepat.
E.
Puisi MAJOI salah satu puisi pemberani untuk mengungkapkan fakta.
UN 2014/2015
5. Bacalah kutipan esai novel berkut dengan
seksama!
Pada periode awal kepenyairannya, Taufik Ismail cenderung menekankan
citrasan visual dalam menggambarkan pengalaman estetik yang dibentuk oleh
pengamatannya yang tajam terhadap momen-momen penting peristiwa sejarah. Ia
mendayagunakan kekuatan bahasa figurative(majas). Puisi yang efektif untuk
membangun imajinatif pembaca. Sejak tahun 1970-an hingga periode mutakhir
kepenyairannya. Sajak-sajak Taufik cenderung “prosaic naratif”. Ia menggunakan
bahasa diskursif yang diselingi permainan kata yang indah dan memikat
Kalimat simpulan esai sastra yang tepat adalah…
A.
Jelaslah bahwa pada awal kepenyairannya Taufiq Ismail dngan peristiwa
sejarah dan pada periode berikutnya ia terlibat melalui perasaan dan
pikirannya.
B.
Jadi, Taufik menggunakan metode penciptaan puisi yang sama pada dua
periode kepenyairannya.
C.
Jadi, secara garis besar perkembangan kepenyairannya Taufiq Ismail dapat
dibagi ke dalam tiga periode.
D.
Jelaslah bahwa Taufiq Ismail sangat memperhatikan pemakaian bahasa dalam
setiap karyanya.
E.
Jelaslah, bahasa yang digunakan Taufik Is,ail sangat membantu pembaca
memahami puisinya sehingga karyanya tergolong komunikatif.
UN 2014/2015
6. Bacalah penjelasan novel berikut dengan
seksama!
Teks 1
|
Teks 2
|
Cerita yang diangkat Negeri 5 MEnara
(N5M) sebenarnya sederhana dan jamak ditemui. kisah seorang anak (Alif) yang
harus merantau dari tanah Minangkabau ke Jawa (Ponorogo) anak meneruskan
sekolah di Pondok Madani. Di sana ia berkawan karib dengan Raja dari Medan,
Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung dan Baso dari
Gowa. Keenamnya kemudian dijuluki sahibul menara(orang yang memiliki menara)
karena kebiasaan mereka yang sering berkumpul di bawah menara masjid sambil
menunggu azan maghrib. Saat berkumpul itulah setiap anak berbagi mimpi dan
harapan
|
Metode mengajar yang digunakan para guru
dalam novel N5M ini bisa menjadi referensi para guru dalam mendidik
siswa-siswinya, bahwa menjadi pendidik tidak otomatis berhenti ketika bel
pulang sekolah dipukul dari ruang kelas ditutup. Membicarakan novel fiksi
yang ditulis berdasarkan kisah nyata dan yang rencananya akan dibuat trilogy
ini memang tidak ada habisnya. Bisa ditinjau dari berbagai aspek. Yang pasti,
novel yang bisa membawa pembacanya menangis terharu dan tertawa
terbahak-bahak karena humor-humor ala pondok yang khas ini, mengajak Anda
berani bermimpi dan memperjuangkannya.
|
Kalimat resensi yang tepat dengan
alasannya.
A.
Teks 1 karena mengungkapkan isi cerita Negeri 5 Menara lengkap dengan
tokoh dan gaya bahasanya.
B.
Teks I karena mengisahkan tentang tentang harapan dan impian para tokoh
cerita yang berkumpul di bawah menara masjid.
C.
Teks I karena menceritakan tentang perbedaan budaya Minangkabau dan Jawa
dan suka duka hidup di perantauan.
D.
Teks 2 karena member penilaian terhadap isi dan penilaian atas
keunggulan novel Negeri 5 Menara.
E.
Teks 2 karena member informasi bahwa novel Negeri 5 Menara merupakan
novel tertinggi.
UN TAHUN 2001
7. Karya lukis ini dapat digolongkan dalam seni kubisme. Penonjolan
garis bidang lebih diutamakan daripada penciptaan kreasi warna dan model.
Aliran yang berawal dari Jerman ini sebenarnya telah lama dikenal oleh
seniman-seniman kita sejak lama, baik seni pahat, lukis, ukir, ataupun
bangunan. Hal ini terbukti pada bukti-bukti hasil karya mereka yang ada di
candi-candi, museum, dan perpustakaan nasional. Kutipan resensi di atas
mengungkapkan bagian .......
A . jenis karya
B . isi karya
C . keunggulan karya
D . nilai karya
E . kelemahan karya
UN
2004/2005
8. Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang
seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi oleh buku ini. Bagi siswa yang
tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak menarik sebab novel ini
serius dan tidak cukup menarik. Unsur yang dominan dalam penggalan resensi di
atas adalah ........
A . kelemahan
B . kelebihan
C . kelemahan dan
kelebihan
D . novel tersebut
tidak menarik bagi remaja
E . novel tersebut
tidak bersifat menghibur
UN 2004/2005
9. Supernova adalah sebuah superimajinatif. Sungguh tidak lazim bagi
dunia sastra Indonesia. Ditulis dengan gaya pop, tetapi sarat dengan problema
filsafat dan teori-teori ilmiah. Baru kali ini dalam sastra Indonesia, seorang
penulis mampu mengartikulasikan labirin kehidupan kontemporer secara
eksperimentif dengan gaya yang hampir science fiction. Dalam kutipan tersebut
hal yang diresensi adalah ........
A
. kepengarangan pengarang
B
. kesimpulan terhadap buku
C
. kekurangan dan keunggulan buku
D
. gaya penulis cerita
E
. bahasa pengarang dalam buku
UN 2005/2006
10. Hal yang tidak perlu dituangkan dalam menyusun resensi adalah
........
A
. menyebutkan identitas buku yang diresensi secara jelas
B
. mengungkapkan kelebihan dan kekurangan isi buku
C
. mengungkapkan isi buku yang diresensi
D
. memberikan penilaian secara jujur dan objektif terhadap buku
E
. membahas kesesuaian harga buku dengan kebutuhan masyarakat
Ebtanas/Bahasa
Indonesia/Tahun 2000
11. "Insiden"
kecil ini mewarnai karya Suwarno, yang kalau tidak salah juga merupakan
disertasinya. Suwarno adalah orang Yogya. Pendeknya, ia hidup di sana dan
merasakan demikian membudaya. Suwarno terlalu mengagumi Hamengku Buwono IX.
Akibatnya buku itu over repetitive, kurang bermutu, dan kurang perbandingan.
Penggalan resensi di atas merupakan unsur resensi yang menunjukkan .........
A . ketangguhan buku
B
. isi pokok buku
C
. deskripsi buku
D
. kelemahan buku
E
. tujuan penulisan buku
12. EBTANAS-99-41 Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini.
Semua unsur yang seharusnya dimiliki karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. Bagi
yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik
sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur. Masalah yang dinilai dalam
penggalan resensi atas adalah ....
A.
kekurangan/kelemahan novel tersebut
B.
keunggulan/kelebihan novel tersebut
C.
novel tersebut tidak menarik bagi remaja
D.
novel tersebut. novel serius tidak bersifat menghibur
E.
kekurangan dan kelebihan novel tersebut
13.
UN tahun 2012/2013
Cermatilah penjelasan
karya sastra berikut!
Judul cerpen :Liubilu
pengarang : Aufannuha Ihsani, siswa Mahkamah Internasional Pondok pesantren Krapak Yogyakarta.
pengarang : Aufannuha Ihsani, siswa Mahkamah Internasional Pondok pesantren Krapak Yogyakarta.
Isi cerpen :
·
Mengisahkan Fadril, siswa pesantren asal Aceh, korban tsunami yang
kehilangan rumah dan kedua orang tuanya.
·
Fadril mendapat kesempatan menjadi siswa pertukaran pelajar
di AS.
·
Fadril berkenalan dengan Olga, gadis Rusia yang tidak beragama,
tetapi percaya adanya Tuhan, dan keduanya saling mencintai .
·
Ayah Olga seorang wartawan, pernah ditahan karena dituduh sebagi
mata-mata, dan akhirnya tewas dalam perampokan di New York.
·
Cara pandang hidup Olga menyadarkan Fadril bagaimana harus menghadapi
kenyataan di masa depan.
Kalimat resensi yang
menyatakan keunggulan yang sesuia dengan penjelasan tersebut adalah ...
A. Cinta tanpa
logika dan kematangan tindakan cenderung menjadikan penafsiran yang sesuai
dengan selera kita saja.
B. Cinta dan
musibah adalah dua hal yang membakar hati manusia begitu saja tanpa mengenal
logika.
C. Meski usia
pengarang masih muda, tetapi caranya memandang kehidupan sangat matang dan peka
terhadap pengalaman.
D. Kengerian
tsunami yang dialaminya dibiarkan jauh di latar belakang dan ia menggantinya
dengan latar cerita di Amerika Serikat.
E.
Pilihan tokoh utamanya dari Rusia, tetapi tokoh tambahan
kebanyakan orang Amerika dan keluarganya
14. UN tahun 2012/2013
Disebuah hujan yang lebat, ketika kami seperti biasa, bermain
sepak bola, juga bermain kristal-kristal lembut di punggung-puHujan itu, air
berlarian mengombak di parit-parit depan rumah pinggir jalan raya.
“agh ... kak ..., tolong ... to ...” Suara Ujo, adik kembarku setengah berteriak.
“Ujo ...,” ucapku berteriak. Terasa sebongkah kerikil menutup kerongkonganku. Namun tidak banyak yang dapat aku lakukan.
kakiku gemeter, ...
(Hujan dan Seikat Seruni, Nurul Hasa, Horison IV/2010)
“agh ... kak ..., tolong ... to ...” Suara Ujo, adik kembarku setengah berteriak.
“Ujo ...,” ucapku berteriak. Terasa sebongkah kerikil menutup kerongkonganku. Namun tidak banyak yang dapat aku lakukan.
kakiku gemeter, ...
(Hujan dan Seikat Seruni, Nurul Hasa, Horison IV/2010)
Kalimat kritik yang menyatakan kelemahan sesuai dengan kutipan
tersebut adalah ...
A.
Kemampuan penulis dalam mempermainkan emosi pembaca lewat latar
patut diacungi jempol.
B.
Kekuatan bahasa penulis dalam mencari diksi dan menyusun
pengandaian terasa menyentuh.
C.
Bagian penajaman peristiwa sebab-akibat tampaknya kurang
dipikirkan, peristiwa hanyutnya Ujo kuranag tragis.
D.
Harumnya bunga seruni merupakan rantai kenangan yang dialami tokoh
“aku” akan adiknya yang tenggelam.
E.
Rasa bahasa pengarang cukup bagus karena ia mencoba menggunakan
bahasa-bahasa metafora.
15.
UN tahun 2012/2013
“Dia bibi saya, Bu” jelas Teja seperti mengerti kebingungan Ratna.
“Ibu saya menjadi TKW di Arab Saudi sejak saya berusia dua tahun. Sampai sekarang ibu saya tidak pernah pulang, kirimannya pun sudah terhenti sejak enam tahun yang lalu. Ayah tidak pernah berhasil mencari tahu keberadaan ibu,” jelas Teja. Kemudian dengan suara yang semakin bergetar Teja melanjutkan pembicaraannya.
“Mungkin ibu tidak betah tinggal dan mengajar di sini. Padahal, kami suka belajar dengan ibu, walaupun susah tetap kami ingin bisa. Tolong Bu, beri kesempatan kepada kami untuk bisa belajar dengan ibu lebih lama lagi” ucap Teja sambil meneteskan air mata tak kuasa menahan air matanya.
“Maafkan ibu juga Ja, tapi ...
“Tapi Ibu merasa terkekang di sini. Di sini ibu tidak bisa mewujudkan cita-cita Ibu, begitu kan?” serobot Teja lagi.
Ratna tak mengira muridnya punya keberanian untuk bicara seperti itu.
“Ibu saya menjadi TKW di Arab Saudi sejak saya berusia dua tahun. Sampai sekarang ibu saya tidak pernah pulang, kirimannya pun sudah terhenti sejak enam tahun yang lalu. Ayah tidak pernah berhasil mencari tahu keberadaan ibu,” jelas Teja. Kemudian dengan suara yang semakin bergetar Teja melanjutkan pembicaraannya.
“Mungkin ibu tidak betah tinggal dan mengajar di sini. Padahal, kami suka belajar dengan ibu, walaupun susah tetap kami ingin bisa. Tolong Bu, beri kesempatan kepada kami untuk bisa belajar dengan ibu lebih lama lagi” ucap Teja sambil meneteskan air mata tak kuasa menahan air matanya.
“Maafkan ibu juga Ja, tapi ...
“Tapi Ibu merasa terkekang di sini. Di sini ibu tidak bisa mewujudkan cita-cita Ibu, begitu kan?” serobot Teja lagi.
Ratna tak mengira muridnya punya keberanian untuk bicara seperti itu.
Kalimat esai yang sesuai
dengan kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Sebagai cerita yang mengisahkan kehidupan guru yang ditempatkan di
pedesaan, cerita ini mampu menampilkan konflik batin sang guru. Bahasa yang
digunakan lugas dan jelas.
B. Sebagai cerita yang mengisahkan kehidupan di desa, cerita ini
mengisahkan seorang guru yang ditugaskan di desa. Ia hidup di tengah masyarakat
desa yang hidup serba kekurangan.
C. Tema cerita ini terlalu biasa, yaitu tentang kehidupan di desa
yang serba kekurangan. Tentunya dapat dipahami jika di desa serba kekurangan
karena tempatnya jauh.
D. Orang desa memang banyak yang menjadi TKW karena kehidupan di desa
serba kekurangan. Jadi hal ini tidak menarik untuk dijadikan bahan cerita.
E. Sosok Teja adalah seorang siswa yang begitu menyayangi gurunya.
Karena gurunya mengajar pennuh kasih seperti ibunya. Ia sangat kecewa ketika ia
mengetahui bahwa gurunya berniat untuk pindah.
UN 2011/2012
16. Cermati
Ilustrasi Berikut!
Novel Memory in Sorong mengisahkan seorang
gadis (Ajeng) mengemban misi penyelamatan keluarga”Setelah tahu bahwa ibunya
(Retno) ditinggal kawin oleh ayahnya (Hirnawan). Sambil menjalankan tugas
sebagai jurnalis televise, Ajeng terbang ke Sorong untuk mencari Anneke
selingkuhan sang ayah.
Penyajian alur cerita terasa sangat
biasa sehingga mmbaca novel ini tidak memberikan sesuatu yang mendorong
keingintahuan tentang peristiwa-peristiwa berikutnya. Dengan kata lain pembaca
seakan menebak kisah-kisah yang akan dilakukan si tokoh sebagai lazimnya
perselingkuhan”
Kalimat
resensi yang menyatakan kelemahan dalam novel “Memory in Sorong” adalah…
A. Misi
misi jurnalis dalam cerita sesuatu yang sudah biasa dalam kehidupannya.
B. Pengarang
tidak mengakhiri ceritanya, tetapi menyerahkan kepada pembaca.
C. pengarang
seakan kehilangan bahan untuk melanjutkan peristiwa dalam cerita.
D. Kisah
yang diungkap dalam cerita seakan member kesan mengulang cerita lama.
E. Alur
cerita terasa biasa dan mudah di tebak si pembaca kelanjutan ceritanya.
UN 2011/2012
17. Cermatilah
penggalan cerpen berikut!
Aku
memberi selamat kepada kedua pengantin. Mereka tersenyum kelihatan agak sungkan.
“Monggo
den Yanto, silahkan duduk.”
Den
Yanto! memanggilku den, tidak lagi
nak.
Aku
tertarik pada seorang bocah patah di
sebelah Sumarni.
Entah
mengapa aku ingin menegurnya, Apakah karena matanya mirip dengan Sri?
“Sopo jenengmu, cah ayu?” tanyaku
sambil menjawil-jawil pipinya.
“Yanti…”
jawabnya dengan cukup kenes.
Kalimat
kritik yang sesuai dengan isi kutipan adalah…
A. Cerpen
“Perkawinan” memiliki cerita yang menarik walaupun bahasanya sangat sederhana,
tetapi tetap segar dan komunikatif.
B. Pembaca
cerpen “Perkawinan” dihadapkan pada etikaberbahasa yang berlaku di Jawa,
terutama penggunaan kata sapaan, “Den”.
C. Penggunaan
bahasa Jawa dalam cerpen “Perkawinan” agak mengganggu karena tidak semua
pembaca memahami makna pilihan katanya.
D. Cerpen
“ Perkawinan” mengisahkan cerita yang kurang menarik karena alur cerita agak
berbelit-belit dan susah dipahami.
E. I.
Yudhi Sunarto telah sukses merangkai peristiwa menjadi alur yang menarik dalam
cerpen “Perkawinan”=.
UN tahun 2011/2012
18.
Cermatilah
paragraf esi berikut!
Berbicara tentang masalah sajak, kita sering menjumpai kata-kata
masih mentah, gagal sebagai sebuah sajak, tidak berbobot. Penyebabnya ada dua
kemungkinan. Mungkin lantaran penulisnya belum mahir dalam tekhnik menulis
sajak. Kemungkinan kedua, kurangnya penghayatan terhadap hidup. Tidak menaruh
perhatian. Pada filsafat atau memang usianya belum memungkinkan untuk
berkecimpung. Dalam dunia filsafat. Realitas yang terdapat dalam dirinya belum
sanggup dia kaitkan dengan realitas di luar karena usianya masih muda remaja .
Kalimat
kesimpulan yang sesuai isi paragraf tersebut adalah ...
A.
Banyak
karya sastra berupa sajak, namun tidak tergolong ke dalam sajak berkualitas.
B.
Karya
sastra yang berkualitas terlahir dari sastrawan yang berpengalaman.
C.
Penulis
sajak yang berkualitas memerlukan penghayatan.
D.
Ilmu
filsafat sangat menentukan kualitas karya sastra yang dibuatnya .
E.
Penulis
sajak sangat mahir dalam tekhnik menulis sastra.
19. UN tahun 2010/2011
Bacalah paragraf berikut dengan seksama
Cerpen Bom akan sulit dipahami oleh orang
awam. Ini mungkin saja mengingat kurang-untuk tidak mengatakan
tidak-komunikatif yang disebabkan oleh bentuknya yang nonkonvensional di
samping isinya yang cukup berat bagi pembaca awam dan teramat intelek. Nilai
cipta sastra tidak ditentukan oleh melimpah ruahnya penggemar. Putu wijaya
bukannya tidak menyadari masalah ini. Sebagai seorang pengarang (sastra), dia
berusaha tegak sebagai suatu pribadi yang merekam kegelisahan diri maupun
masyarakat dengan cara sedemikian rupa jauh dari motif memberontak, suatu sikap
yang dimiliki seorang penyair cenderung menyajikan problematika.
Kalimat kritik yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah...
A. Cerpen
Bom karyaPutu Wijaya isi ceritanya seharusnya komunikatif, apalagi bentuknya
yang nonkonvensional supaya dapat dipahami pembacanya.
B. Cerpan
Bom karya Putu Wijaya mempunyai nilai sastra disebabkan melimpah ruahnya
penggemarnya yang membaca buku karyanya.
C. Cerpan
Bom karya Putu Wijaya merekam kegelisahan diri maupun masyarakat yang jauh dari
motif pemberontak.
D. Putu
Wijaya mengarang cerpen Bom yang cenderung menyajikan problematika kehidupan
manusia.
E. Nilai
sastra tidak ditentukan oleh melimpah ruahnya penggemar karya sastra tersebut.
UN tahun 2010/2011
20.
Cermati paragraf esai berikut!
Pada periode awal kepenyairannya, Taufik Ismail cenderung
menekankancitraan visual dalam menggambarkan pengalaman estetik yang dibentuk
oleh pengamatannya yang tajam terhadap momen-momen penting peristiwa sejarah.
Ia mendayagunakan kekuatan bahasa figuratif (majas), puisi yang efektif untuk
membangun imajinatif pembaca. Sejak tahun 1970-an hingga periode mutakhir
kepenyairannya, sajak-sajak Taufik cenderung “Prosaik naratif”. Ia menggunakan
bahasa diskursif yang diselingi permainan kata yang indah dan memikat. ...
Kalimat simpulan esai sastra yang
tepat adalah ...
A.
Jelaslah, bahwa pada awal
kepenyairannya Taufiq terlibat dengan langsung peristiwa sejarah dan pada
periode berikutnya ia terlibat melalui perasaan dan pikirannya.
B. Jadi,
Taufiq menggunakan metode penciptaan puisi yang sama pada dua periode
kepenyairannya.
C. Jadi,
secara garis besar perkembangan kepenyairannya Taufiq Ismail dapat dibagi ke
dalam tiga periode.
D. Jelaslah,
bahwa Taufiq Ismail sangat memperhatikan pemakaian bahasa dalam setiap
karyanya.
E.
Dengan demikian, jelaslah
bahwa bahasa yang digunakan Taufik Ismail sangat membantu pembaca memahami
puisinya sehingga karyanya tergolong komunikatif.
UN tahun 2010/2011
21.
Cermati
kedua kutipan resensi berikut!
Kutipan 1
Cerpen karya Liana Yusoli Ibadiyah ini mempunyai judul yang
menarik, yakni Kidung Kebekuan. Kidung bisa diartikan lagu atau nyanyian,
sedangkan kebekuan merupakan metafora dari rasa dingin, sunyi, sepi. Kesan
pertama yang muncul dari cerpen ini memang berangkat dari judulnya. Kidung
kebekuan dapat saya interprestasikan sebagai kisah yang diselimuti kesepian.
Cerpen merupakan sebuah bentuk yang utuh yang didukung unsur-unsur di dalamnya.
Salah satunya adalah unsur imajinatif. Kidung Kebekuan merupakan cerita realis
imajinatif yang berangkat dari sebuah kisah nyata dari seorang sahabat
pengarang.
Kutipan
2
Cerpen karya Liana Yusoli Ibadiyah ini banyak diselimuti kesedihan. Keseluruhan cerpen ini baik menyangkut tema, isi cerita, maupun amanat merupakan refleksi dari realitas sosial yang sering dijumpai dalam masyarakat sehingga membuat pembacanya lebih peka terhadap realitas kehidupan. Cerpen ini menceritakan kemelut batin yang dialami tokoh aku. Pergulatan atau konflik batin dalam cerpen ini sangat kental. Konflik batin dirasakan oleh tokoh aku yang digunjingkan sebagai pembuat aib keluarga. Narasi pada cerpen ini membuat pembaca mengikuti alur demi alur dengan konflik yang ada. Gaya penceritaan yang halus, bahasa cukup sederhana sehingga langsung dapat dicerna dan nikmati oleh pembaca.
Resensi disertai alasan yang tepat terdapat pada...
A. Kutipan
1 karena berisi judul, penjelasan tentang pengertian cerpen dan asal
terciptanya kisah yang diangkat ke dalam cerpen.
B. Kutipan
1 karena isi mencakup judul, tema, kilasan isi cerpen, penggunaan bahasa, dan
mengungkapkan keunggulan cerpen.
C. Kutipan
2 karena isi mencakup judul dan pengarang, tema, kilasan isi cerpen, penggunaan
bahasa, dan mengungkapkan keunggulan cerpen.
D. Kutipan
2 karena berisi penjelasan tentang cerpen dan asal terciptanya kisah yang
diangkat ke dalam cerpen, dan keunggulan cerpen.
E. Kutipan
2 karena berisi penjelasan tentang judul dan asal terciptanya kisah yang
diangkat ke dalam cerpen, dan keunggulan cerpen
UN tahun 2010/2011
22.
Bacalah kutipan esai berikut
dengan seksama!
Antibiotik merupakan substansi yang dihasilkan organisme hidup
yang dalam konsentrasi rendah dapat membunuh organisme lainnya. Secara
sederhana, antibiotik adalah obat untuk menanggulangi infeksi bakteri.
Antibiotik ini sangat penting karena infeksi bakteri dapat menyarang di bagian
tubuh mana pun. Apabila infeksi ini menyerang otak, akan menjadi meningitis,
terkena paru-paru, dan akan menjadi bronkitis.
Hal
yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah ...
A.
Infeksi yang menyerang otak
manusia
B.
Infeksi yang mengenai
paru-paru manusia
C.
Kegunaan antibiotik bagi tubuh
manusia
D.
Infeksi bakteri yang menyerang
bagian tubuh tertentu
E.
Antibiotik yang diproduksi dan
tumbuhan tingkat tinggi
UN
TAHUN 2009/2010
23. Bacalah kutipan berikut ini dengan
seksama!
Tiada berapa lama datanglah dokter yang
dipanggil Yusuf., Maria diperiksanya sangat teliti dan akhirnya ia tiada sangsi
lagi, bahwa Maria mendapat penyakit batuk darah. Sakit malaria yang sangat
melemahkan badannya rupanya member kesempatan pada penyakit TBC yang sudah lama
dikandungnya dalam badannya untuk memecah keluar. Kepada Yusuf diberi dokter
itu nasihat selekas-lekasnya supaya di sana dapat diperiksa. Dan diobati
selanjutnya.
Layar
terkembang.Sultan Takdir Alisyahbana
Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan
tersebut adalah …
A.
Penyajian
kondisi tokoh kurang logis(Maria) menyidap penyakit TBC yang baru diketahui
dalam keadaan parah.
B.
Penyakit
malaria pada masa itu, tahun 1920-an, memang merupakan penyakit yang berbahaya
karena dapat mengakibatkan kematian.
C.
Alangkah
mulianya dokter yang bernama Yusuf, mau datang ke rumah dan memeriksa Maria
dengan teliti.
D.
Penyakit
malaria memang selalu mengakibatkan timbulnya penyakit lain karena lemahnya daya tahan tubuh.
E.
Penyakit
TBC harus diwaspadai terutama pada orang-orang yang pernah terkena malaria
tropi.
UN 2009/2010
24. Cermatilah ilustrasi berikut!
Dalam novel sang pemimpi karya Andrea
hirata, dikisahkan sebuah kompetisi meraih cita-cita yang disusun sendiri oleh
tokoh-tokohnya melalui usaha pencapaian yang unik, yaitu menciptakan teori baru
transfer picing dan kritisasi teori evolusi Darwin. Guna mencapai cita-cita
mereka, para tokohnya melakukan usaha jangka panjang, dimulai dari pernyataan
cita-cita, belajar dengan rajin di sekolah diiringi kerja keras sepulang
sekolah, kemudian merantau ke Jawa, kuliah di Universitas Indonesia jurusan
Ekonomi dan Biologi hingga akhirnya mendapatkan beasiswa kuliah di Paris dan
Perancis.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan
novel, berdasarkan ilustrasi tersebut adalah…
A.
Andrea
hirata berhasil mengisahkan kompetisi para tokoh cerita dalam meraih cita-cita
melalui usaha pencapaian yang unik.
B.
Teori
baru transfer pricing dalam novel sang Pemimpi merupakan usaha jangka
panjangyang menarik, namun tetap wajar.
C.
Novel
sang pemimpi karya Andrea Hirata merupakan cerita yang sangat sederhana dan
wajar sehingga digemari pembaca.
D.
Para
tokoh dalam novel sang pemimpi merupakan mahasiswa yang terus belajar dan
bekerja keras untuk meraih cita-cita.
E.
Buku
ini hanya perlu dibaca oleh pelajar agar mereka termotivasi untuk belajar dalam
meraih cita-cita.
UN tahun 2008/2009
25. Cermatilah teks berikut!
Dokter Sukartono yang beristrikan
Sumartini, rumah tangganya dilanda krisis. Keduanya sudah tidak ada lagi
komunikasi yang baik. Tini seorang wanita cantik, lincah, sibuk dengan
keorganisasiannya. Sedangkan Tono sebagai dokter sibuk mengurusi pasiennya.
Bila Tono pulang ke rumah, tidak pernah mendapatkan sambutan rumah dan istrinya
(Tini). Tono menuduh Tini sebagai seorang istri yang tidak setia, Tini dianggap
angkuh, tidak mau menuruti perintah suami. Keduanya sama-sama egois tidak ada
yang mau mengalah.
Kalimat kritik yang sesuai dengan
penjelasan tersebut adalah ...
A. Cerita ini tidak lagi sesuai dengan perkembangan zaman, karena
dalam rumah tangga yang harmonis harus ada saling pengertian.
B. Tema cerita berkisar krisis sosial manusia golongan intelektual
yaitu seorang dokter tidak dapat mengatasi kehidupan rumah tangganya.
C. Pelukisan ceritanya sedemikian realistis cenderung kepada
ekspresionisme, ini terlihat pada pelukisan keadaan secara blak-blakan antara
tokoh Tono dan Tini.
D. Dalam novel ini dijelaskan bagaimana sikap tokoh aku yang selalu
berusaha mencintai istrinya dengan baik lemah lembut, sabar.
E. Seharusnya kaum intelektual memberikan contoh yang baik kepada
generasi muda bukan memberikan contoh yang negatif.
UN tahun 2008/2009
26. Cermati data buku berikut!
Ulasan buku karya sastragraha
ini tidak mendalam dan tidak teliti karena desakan waktu yang disediakan kepada
penulisnya. Buku ini merupakan catatan kesan-kesan pertama seorang pembaca.
Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku adalah ...
A.
Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah.
B.
Membaca, menikmati, dan menghayati cerpen Satyagraha tidak sulit.
C.
Buku tersebut disusun karena desakan penerbit.
D.
Pengarang menceritakan secara mendetail karya cerpennya.
E.
Pengarang dengan leluasa mengungkapkan kesan pertamanya.
UN
TAHUN 2007/2008
27. Namun semua terjadi di lur perhitungan.
Tidak dapat dihindari, mereka melihat anak itu dan dapat menandai dari seragam
sekolah yang dikenakannya. Seorang datang ke arah kami, mencengkeram dan merenggut kerah baju di
bagian lehernya. Terdengar benang putus di bagian kerah yang direnggut anak
itu,. Mereka menyeretnya dari sisiku. Aku langsung bertindak mencegahnya…
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah…
A. kelompok belajar yang sedang diamuk marah
itu langsung memukuli anak itu.
B. Kemudian dengan sangar brutal mereka
melakukan penganiayaan pada anak itu.
C. Akan tetapi, mereka mendorongku dengan
kasar, membiarkan aku, terjungkal di atas lantai.
D. Mereka dengan barang kembali memandang
memuku, dan menghempas anak itu.
E. Untunglah pada saat yang sama seorang
polisi sedang merazia pelajar di gerbong lain.
UN 2007/2008
28. Bacalah kutipan resensi beriktu!
Buku
pengkajian puisi karya Rahmad Joko Pradopo ini pembahasannya sangat bagus
karena dilenkapi dengan contoh-contoh analisis semiotiknya maupun hubungan
intertekstualnya. Analisis yang cukup rinci akan menambah pengetahuan pembaca
untuk memahami puisi.
Kalimat
simpulan yang tepat dalam resensi sesuai ilustrasi tersebut adalah…
A. Buku tersebut wajib kita beli karena
isinya sangat bermanfaat.
B. Buku itu sangat bagus dan sudah dilenkapi
dengan pembahasan.
C. karena kita buka ahli dalam bidang puisi sebaiknya kita membaca buku ini.
D. Buku ini layak dimiliki pembaca yang ingin
belajar memahami puisi.
E. Kita perlu membaca buku ini meskipun tidak
suka dengan puisi.
29. UN tahun 2006/2007
Judul
novel :Lelaki
Tua dan Laut/The Old Man and The Sea
Pengarang/penerjemah : Ernest Hemingway Sapardi Djoko Damono
Penerbit : PT Dunia Pustaka
...
Di sisi lain, untaian kata-kata Hemingway mengalir, mengayun membuai, menghempas membuat pengalaman tersendiri kepada pembaca persis seperti gerakan iombak laut. Dengan kemampuannya, pembaca tanpa dipaksa seolah-olah sedang berhadapan dengan teror hiu yang ingin menguasai tangkapan ikan.
Pengarang/penerjemah : Ernest Hemingway Sapardi Djoko Damono
Penerbit : PT Dunia Pustaka
...
Di sisi lain, untaian kata-kata Hemingway mengalir, mengayun membuai, menghempas membuat pengalaman tersendiri kepada pembaca persis seperti gerakan iombak laut. Dengan kemampuannya, pembaca tanpa dipaksa seolah-olah sedang berhadapan dengan teror hiu yang ingin menguasai tangkapan ikan.
Kalimat resensi yang tepat untuk menyatakan keunggulan novel
tersebut ialah ...
A. Sedikit sekali penulis yang
berani mengangkat ide cerita dari kaum pinggiran seperti nelayan. Namun
Heningway berani mengangkatnya menjadi sebuah cerita yang penuh ketegangan
ditinjau dari kekuatan bahasanya.
B. Penulis agak lambat
menciptakan ketegangan-ketegangan dalam cerita Pembaca menjadi kurang bergairah
karena setting yang disuguhkan terlalu monoton, yaitu laut dan laut.
C. Hemingway dan ketangkasannya
berbahasa tak perlu diragukan lagi. Hanya saja, khusus pada novel ini tema yang
diambil kurang menarik.
D. Bahasa dan cara penuturan
Hemingway pada novel ini sangat melompat-lompat persis alunan ombak laut yang
mengguncang-guncang perahu.
E. Meskipun buku ini banyak
dibaca orang, terlihat banyak kekurangan tentang kebiasaan di laut yang mungkin
Hemingway sendiri dapat merasakannya.
UN 2007/2008
30. Cermati data buku berikut!
Novel ini membuka nuansa baru pada
zamannya Sutan Takdir Alisyahbana membawa pembaruan di bidang masalah yang
diungkapkan wanita zaman sebelumnya adalah pengabdi dalam keluarga yang
bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias penunggu rumah. Namun, Sutan
Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan wanita setara dengan pria bekerja,
aktif di luar rumah dan memajuan kaumnya yang diwakili oleh tokoh Tut. Tokoh
ini sebagai teladan masa sekarang dan para pelajar(tokoh masa depan).
Berdasarkan data buku tersebut, jika
disusun menjadi kalimat resensi tentang keunggulan novel adalah…
A.
Wajarlah novel Layar TErkembang wajib dibaca oleh para siswa.
B.
Memang sepantasnya novel ini mendapat penghargaan dari dunia pendidikan.
C.
Masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa novel ini wajib
dikenal di dunia pendidikan.
D.
St. Takdir Alisyahbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan dalam
dunia pendidikan.
E.
Memang masih jarang novel yang membahas emansipasi dan perjuangan kaum
wanita.
UN TAHUN 2005/2006
31. Bacalah kutipan resensi berikut dengan
seksama!
Cerita
ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalah yang actual dan
sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya dapat diterima akal sehat serta tidak
membosankan. Pengarang menguraikan secara panjang lebar karakter
tokoh-tokohnya. Jadi ceritanya, tidak kabur. Sayang, pengarang sering
mengulang-ulang kisah yang porno. Dalam sat buku bungkin lebih dari empat
kisah.
Kalimat
resensi yang mengungkapkan keunggulan buku adalah…
A. Cerita
dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan .
B. Karakter
tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang.
C. Pengarang
menghidupkan cerita porno dan mengulanginya.
D. Cerita
diungkapkan seperti lazimnya cerita lain.
E. Kebosanan
dapat diatasi oleh pembaca buku ini.
32. UN tahun 2013/2014
Perhatikan
kutipan resensi berikut!
Judul : Para Pahlawan Terhebat Pengubah Indonesia
Penulis : Radis Bastian
Penerbit : Palapa, Yogyakarta
Cetakan : Juli, 2013
Tebal : 383 halaman
ISBN : 978-602-225-189-8
Penulis : Radis Bastian
Penerbit : Palapa, Yogyakarta
Cetakan : Juli, 2013
Tebal : 383 halaman
ISBN : 978-602-225-189-8
Buku Para Pahlawan
Terhebat Pengubah Indonesia ini memaparkan 100 tokoh pahlawan di Indonesia dari
beberapa lini kehidupan Indonesia. Akan tetapi, yang pasti masih ada banyak
tokoh pahlawan Indonesia yang tak mungkin dibahas dalam buku setebal 383 halaman
ini. Dan dari seratus tokoh pahlawan di Indonesia, Bastian membagi pada
sembilan bagian dalam buku ini. Salah satu di antaranya yang sembilan adalah
bidang politik dan pemerintah, beberapa tokohnya adalah B.J Habibie, Soekarno,
Soedirman dan masih banyakyang lain. Ada juga di bidang Agama dan Politik yang
tokoh-tokohnya Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Abdurrahman Wahid serta Tan Malaka,
Nurcholis Majid, dan lainnya. Ada Bung Tomo sebagai pahlawan di bidang aktivis.
Di bidang jurnalisme ada Jakob Oetama serta banyak tokoh pahlawan lainnya yang
tak mungkin saya sebutkan di tulisan yang singkat ini.
Tokoh-tokoh yang
disebutkan di atas patut kita jadikan sebagai pahlawan. Merekalaah yang membawa
kita pada kondisi yang serba mudah seperti sekarang ini. Tanpa pengorbanan dan
perjuangan yang berdarah-darah sedikit kemungkinan kita merasakan nikmatnya
kebebasan baik secara fisik ataupun mentalitas kebangsaan. Selain itu, buku
yang mencatat sebagian pergerakan atau perjalanan para pahlaawan ini sangat
penting untuk dibaca setiap kalangan. Setidaknya sebagai referensi khazanah
pengetahuan kita tentang bangsa dan negara, tentang siapa yang membangunnya
hingga sekarang kita jaya. Sebuah pernyataan dasar, namun sangat penting untuk
ditanyakan.
Muhammad
Rasyidi, Mahasiswa Fakultas Ushuluddin
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kalimat resensi yang menyatakan tingkat keterbacaan atau
kecocokan isi bagi pembacanya adalah ...
A. Tokoh-tokoh yang disebut di atas patut kitaa jadikan sebagai pahlawan.
B. Buku Para Pahlawan Terhebat Pengubah Indonesia memaparkan 100
pahlawan.
C. Buku yang mencatat sebagian pergerakan atau perjalanan para
pahlawan ini penting dibaca semua kalangan.
D. Sebuah pernyataan dasar, namun sangat penting untuk dinyatakan.
E. Dan dari seratus tokoh pahlawan Indonesia, Bastian membagi pada
sembilan bagian dalam buku ini.
UN tahun 2013/2014
33. Cermatilah kutipan berikut!
Salah satu tema yang disukai penyair
sufi adalah tema ‘pencarian hakikat diri yang batin, universal, dan tidak
berjejak di mana pun selain dalam wujud diri manusia yang terdalam’. Sejak
Sanusi Pane “Mencari” menunjukkan kepada
kita bahwa puisi merupakan sarana atau tangga naik menuju pengalaman
transendetal walaupun menggunakan ungkapan-ungkapan yang diambil dari perjalanan
lahir. Sejak tersebut juga memiliki kaitan dengan tema ‘pencarian hakikat dari batin manusia’
yang digemari para penulis sufi.
Kalimat
kritik yang tepat sesuai dengan kutipan tersebut adalah ...
A.
Sajak “mencari” karya
Sanusi Pane memiliki kekhususan yang temanya hanya dipahami para penulis sufi dan sulit dipahami
oleh masyarakat awam.
B.
Tema ‘pencarian hakekat diri manusia menjadi ciri khas puisi-puisi
Sanusi Pane karena dia termasuk salah satu penyair berpaham sufi.
C.
Sajak “mencari” karya Sanusi Pane sangat terkait dengan tema ‘pencarian hakekat iri batin manusia’ yang
merupakan ciri khas sajak sufi.
D.
Puisi-puisi yang berfungsi sebagai sarana atau tangga menuju
pengalaman transedental merupakan ciri khas puisi-puisi kaum sufi.
E.
Puisi tetap disebut sebagai puisi transendetal selama selalu
berkaitan dengan ‘pencarian hakekat diri batin manusia.
UN TAHUN 2013/2014
34. Cermatilah
paragraf esai berikut!
Berbicara
tentang masalah sajak, kita sering menjumpai kata-kata masih mentah gagal
sebagai sebuah sajak, tidak berbobot. Penyebabnya ada dua kemungkinan. Mungkin
lantaran penulisnya belum mahir dalam teknik menulis sajak. Kemungkinan kedua
kurangnya penghayatan terhadap hidup. Tidak menaruh perhatian. Pada filsafat
atau memang usianya belum sanggup dia kaitkan dengan realita diluar karena usianya
masih muda remaja.
Kalimat
kesimpulan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
A. BAnyak
karya sastra berupa sajak, namun tidak tergolong ke dalam sajak berkualitas.
B. Karya
yang berkualitas terlahir dari sastrawan yang berpengalaman.
C. Penulis
sajak yang berkualitas memerlukan penghayatan.
D. Ilmu
filsafat sangat menentukan kualitas karya sastra yang dibuatnya.
E. Penulis
sajak harus mahir dalam teknik menulis sastra
UN 2013/2014
35. Cermati
kutipan cerpen berikut!
Ketika
guru dan murid-murid telah membiasakan belajar di alam terbuka, melihat tukang
kebun itu bekerja sen dirian. semuanya mendekat.
“Jaring
itu untuk apa Pak?”
“Untuk
menjaring malaikat.”
“Malaikat?”
“Benar.”
“Boleh
kami bantu, Pak?”
“Boleh-boleh
tentu saja. Malah setelah ini, kalian akan saya ajak menunggu jarring ini.”
“Kenapa
mesti menunggu pak?”
“Sebentar
lagi Jibril akan gentayangan terperangkap
jarring ini.”
(Mereka toh Tidak Mungkin M enjaring
Malaikat,oleh Danarto)
Kalimat
kritik yang sesuai dengan isi kutipan adalah….
A.
Isi cerpen ini sulit dicerna karena hanya
mengungkapkan halusinasi yang menimbulkan keanehan dan kebingungan pembacanya.
B.
Cerita yang menarik dan membuat pembaca
penasaran untuk mengikuti alur ceritayang disajikan penulis.
C.
Cerpen DAnarto telah berhasil menarik
perhatian pembaca terutama karena hasil ceritanya unik.
D.
Penggunaan dialog yang pendek telah
memudahkan pembaca untuk memahami isi cerita.
E.
Danarto telah sukses menjadi cerpenis yang
unik dengan cerita-cerita sangat menarik.
UN 2013/2014
36. Cermati
ilustrasi berikut!
Cerita
pendek Senyum Karyamin karya ahmad tohari sekaligus menjadi judul kumpulan
cerpen. Tokohnya adalah Karyamin, seorang tukang batu. Karyamin selalu
tersenyum dalam situasi apa pun. Dalam novel Ranggang Dukuh Paruh karya Ahmad Tohari. dikisahkan tokoh Santril dari warga desa yang masih
memegang kuat tradisi setempat.
Kalimat
resensi yang menyatakan keunggulan berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
A.
Ahmad Tohari sangat jeli dalam mengangkat
kehidupan masyarakat kecil menjadi cerita menarik.
B.
Ahmad Tohari memahami dengan baik adat dan
trasdisi masyarakat desa yang diceritakannya.
C.
Ahmad Tohari banyak mengangkat kisah-kisah
kehidupan mennjadi sebuah cerpen.
D.
Ahmad Tohari merupakan pengarang cerpen
dan novel yang khusus mengangkat masyarakat kecil.
E.
Ahmad Tohari selalu mengangkat kisah
kehidupan masyarakat desa kelahirannya.
UN 2013/2014
37. Cermati
penjelasan berikut!
Novel Ayat-atat cinta ditulis oleh seorang
novelis sekaligus sarjana lulusan Universitas Al- Azhar, Habiburrahman El
Shirazy, yang lebih akrab disapa Kang Abik. Novel ini merupakan sebuah novel
roman Islam yang ada selama ini. Dalam novel ini pembaca dapat menukar
nilai-nilai yang bermanfaat dari segi nilai ajaran agama., khususnya Islam,
hubungan sosial dan budaya, maupun masalah percintaan remaja.
Kang
Abik juga menulis novel-novel islami lainnya seperti Ketika Cinta Bertasbih, Cinta Suji Zahara, dan
lain-lain.
kalimat
resensi yang menyatakan keunggulan tersebut yang tepat adalah….
A.
Novel Ayat-Ayat Cinta ditulis oleh seorang
novelis sekaligus sarjana lulusan Universitas Al-Azhar, bernama Habiburrahman
Al-Shirezy.
B.
Banyak hal yang dapat pembaca temukan
dalam novel ini karena banyaknya hiburan bermanfaat.
C.
Seperti novel lainnya, novel ini kurang
menggali ajaran agama, khususnya Islam, dan hubungan sosial budaya.
D.
Ayat-Ayat
Cinta sebuah novel islami yang menyajikan nilai-nilai ajaran
agama Islam dengan gaya artistic yang berbeda dengan novel yang sejenisnya.
E.
Dalam novel Ayat-Ayat Cinta juga disajikan masalah percintaan dalam kehidupan
kaum muda.
UN 2013/2014
38. Cermati
paragraf berikut!
“Maaf
Bu. Seminggu yang lalu ketika Ibu sedang keluar kelas sebentar, saya buka-buka
buku paket IBu, maksud saya ingin menyontek jawaban soal latihan, tidak sengaja
saya melihat tulisan di halaman belakang buku tersebut,”Ujar Teja sambil
terisak-isak member keterangan dengan lugunya. Wajahnya ia tutup dengan kain
sarung bututnya penuh rasa bersalah.
Kalimat
kritik sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah…
A.
Cerpen menceritakan kehidupan guru di
pedesaa dengan segala permasalahannya.
B.
Cerita ini sebenarnya menarik. Namun dalam
kenyataan, mungkinkah seorang murid berani membuka-buka buku milik guru,
apalagi dengan tujuan mencontek.
C.
BAhasa yang digunakan pengarang sangat
sederhana. Dengan menggunakan bahassa sehari-hari cerpen mudah diikuti jalan
ceritanya.
D.
Tokoh Teja diceritakan dalam cerpen ini
sebagai seorang siswa yang berani, kurang jujurm tetapi sangat menyayangi
gurunya. Ia sangat sedi ketika mengetahui bahwa gurunya akan pindah.
E.
Kisah kehidupan di desa memang sangat
menarik untuk disimak, apalagi cerita yang diangkat cerpen ini menceritakan
konflik batin seorang guru yang berasal dari kota, namun ditugaskan di desa.
UN 2013/2014
39. Cermatilah
kutipan cerpen berikut!
“Dia
bibi saya, Bu.” jelas Teja seperti mengerti kebingungan Ratna.
“Ibu
saya menjadi TKW di Arab Saudi sejak saya berusia dua tahun. SAmpai sekarang
ibu saya tidak pernah pulang, kirimannya pun sudah terhenti sekjak enam tahun
yang lalu. Ayah tidak pernah berhasil mencari tahu keberadaan ibu. .”Jlas Teja.
Kemudian
dengan suara yang semakin bergetar Teja melanjutkan pembicaraannya. “Mungkin
Ibu tidak betah tinggal dan mengajar disini. Padahal, kami suka belajar dengan
Ibu, walaupun susah tetapi kami ingin bisa. Tolong Bu, beri kesempatan poada
kami untuk bisa belajar dngan Ibu lebih lama lagi.” ucap Teja sambil meneteskan
air mata tak kuasa menahan perasaanya.
“Maafkan
ibu juga Ja, tapi./..”
“Tapi
Ibu merasa terkekang di sini . Di sini Ibu tidak bsa mewujudkan cita-cita Ibu,
begitu kan>?, serobot Teja lagi.
Ratna
tak mengira muridnya punya keberanian seperti itu.
Kalimat
esai yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah….
A.
Sebagai cerita yng mengisahkan kehidupan
guru yang ditempatkan di pedesaan, cerita ini mampu menampilkan konflik batin
sang guru. Bahasa yang lugas dan jelas.
B.
Sebagai cerita yang mengisahkan kehidupan
di desa cerita ini mengisahkan seorang guru yang ditugaskan di desa. Ia hidup
di tengah masyarakat desa yang hidup sertba kekurangan.
C.
Tema cerita ini terlalu biasa yaitu
tentang kehidupan di desa yang serba kekurangan . Tentunya dapat dipahami jika
di deesa serba kekurangan karena tempatnya jauh.
D.
Orang desa memang banyak yang menjadi TKW
karena kehidupan di dea serba kekurangan.Jadi hal initidak menarik untuk
dijadikan bahan cerita.
E.
Sosok Teja adalah seorang siswa yang
begitu menyayangi gurunya. Karena gurunya mengajar penuh kasih seperti ibunya.
Ia sangat kecewa ketika ia mengetahui bahwa gurunya berniat untuk pindah.
40. UN tahun 2010/2011
cermati
kedua kutipan resensi berikut!
Kutipan 1
Cerpen karya Liana Yusoli Ibadiyah ini mempunyai judul yang menarik, yakni Kidung Kebekuan. Kidung bisa diartikan lagu atau nyanyian, sedangkan kebekuan merupakan metafora dari rasa dingin, sunyi, sepi. Kesan pertama yang muncul dari cerpen ini memang berangkat dari judulnya. Kidung kebekuan dapat saya interprestasikan sebagai kisah yang diselimuti kesepian. Cerpen merupakan sebuah bentuk yang utuh yang didukung unsur-unsur di dalamnya. Salah satunya adalah unsur imajinatif. Kidung Kebekuan merupakan cerita realis imajinatif yang berangkat dari sebuah kisah nyata dari seorang sahabat pengarang.
Cerpen karya Liana Yusoli Ibadiyah ini mempunyai judul yang menarik, yakni Kidung Kebekuan. Kidung bisa diartikan lagu atau nyanyian, sedangkan kebekuan merupakan metafora dari rasa dingin, sunyi, sepi. Kesan pertama yang muncul dari cerpen ini memang berangkat dari judulnya. Kidung kebekuan dapat saya interprestasikan sebagai kisah yang diselimuti kesepian. Cerpen merupakan sebuah bentuk yang utuh yang didukung unsur-unsur di dalamnya. Salah satunya adalah unsur imajinatif. Kidung Kebekuan merupakan cerita realis imajinatif yang berangkat dari sebuah kisah nyata dari seorang sahabat pengarang.
Kutipan 2
Cerpen karya Liana Yusoli Ibadiyah ini banyak diselimuti kesedihan. Keseluruhan cerpen ini baik menyangkut tema, isi cerita, maupun amanat merupakan refleksi dari realitas sosial yang sering dijumpai dalam masyarakat sehingga membuat pembacanya lebih peka terhadap realitas kehidupan. Cerpen ini menceritakan kemelut batin yang dialami tokoh aku. Pergulatan atau konflik batin dalam cerpen ini sangat kental. Konflik batin dirasakan oleh tokoh aku yang digunjingkan sebagai pembuat aib keluarga. Narasi pada cerpen ini membuat pembaca mengikuti alur demi alur dengan konflik yang ada. Gaya penceritaan yang halus, bahasa cukup sederhana sehingga langsung dapat dicerna dan nikmati oleh pembaca.
Cerpen karya Liana Yusoli Ibadiyah ini banyak diselimuti kesedihan. Keseluruhan cerpen ini baik menyangkut tema, isi cerita, maupun amanat merupakan refleksi dari realitas sosial yang sering dijumpai dalam masyarakat sehingga membuat pembacanya lebih peka terhadap realitas kehidupan. Cerpen ini menceritakan kemelut batin yang dialami tokoh aku. Pergulatan atau konflik batin dalam cerpen ini sangat kental. Konflik batin dirasakan oleh tokoh aku yang digunjingkan sebagai pembuat aib keluarga. Narasi pada cerpen ini membuat pembaca mengikuti alur demi alur dengan konflik yang ada. Gaya penceritaan yang halus, bahasa cukup sederhana sehingga langsung dapat dicerna dan nikmati oleh pembaca.
Resensi disertai
alasan yang tepat terdapat pada...
F.
Kutipan 1 karena berisi judul,
penjelasan tentang pengertian cerpen dan asal terciptanya kisah yang diangkat
ke dalam cerpen.
G.
Kutipan 1 karena isi mencakup
judul, tema, kilasan isi cerpen, penggunaan bahasa, dan mengungkapkan
keunggulan cerpen.
H.
Kutipan 2 karena isi mencakup
judul dan pengarang, tema, kilasan isi cerpen, penggunaan bahasa, dan
mengungkapkan keunggulan cerpen.
I.
Kutipan 2 karena berisi penjelasan
tentang cerpen dan asal terciptanya kisah yang diangkat ke dalam cerpen, dan
keunggulan cerpen.
J.
Kutipan 2 karena berisi penjelasan
tentang judul dan asal terciptanya kisah yang diangkat ke dalam cerpen, dan
keunggulan cerpen
UN
2013/2014
41. Bacalah kutipan resensi berikut!
Berbicara
tentang sejarah Indonesia tyang terjadi pada tahun 1965 dan sesudahnya,
tentunya seperti mengorek luka lama bangsa Indonesia. Jenderal terbunuh dan
menyisakan kengerian ketika mendenganr istilah G-30S/PKI. Kilasan sejarah itu
tercatat nama pasukan “Cakrabirawa.” yang merupakan pasukan negara kala itu.
Dipimpin oleh Letnal Untung, dituduhkan sebagai pelaku keji keajdian pembunuhan
para jenderal tersebut.
Nah
dalam novel Ayu Utami yang berjudul
“Manjati dan Cakrabirawa” yang
merupakan salah satu seri dari bilangan Fu, cakrabirawa. dibicarakan lebih
dalam lagi, selain tentang sejarah kelam tersebut, utamanya berkaitan dengan
asal muasal kata Cakrabirawa misteri candi-candi di jawa Timur, mitos-mitos
leluhur dan tak lupa ada bumbu asmara tokoh-tokoh di dalamnya.
Menjati
dan Cakrabirawa terbagi menjadi tiga tema besar. Rahasia, Misteri dan
Teka-teki. Semua terangkai dalam satu jalinan terurut seperti kebetulan bisa
terjangkau begitu. Dan masing-masing mewujud cerita sendiri. Dalam buku ini,
lebih dieksplorasi kisah asmar antara Parang Jati dan Maria yang di buka
bilangan Fu tidak diungkapkan secara detail
(Sumber:
http/evid.wordpress/resensi buku fiksi)
Kalimat
resensi yang tepat berdasarkan kutipan tersebut adalah…
A.
novel “Manjati dan Cakrabirawa” terbagi menajdi tiga
tema besar : Rahasia, Misteri dan Teka-teki.
B.
BAgi yang sudah pernah membaca novel “Bilangan Fu.”
tentu masih ingat tooh-tokohnya.
C.
Novel dengan latar belakang sejarah yang dikaitkan
dengan mitos-mitos yang memiliki daya tarik sendiri.
D.
Menurut Ayu Utami nantinya ada 12 seri Bilangan Fu dan
saat ini sudah terbit dua yaitu “Manjati dan Cakrabirawa.” dan “Lalita”
E.
Ayu Uatami menulis”Menjati dan Cakrabirawa” lebih
ringan dibandingkan novel “Bilangan Fu”
UN 2013/2014
42. Cermatilah penjelasan berkut!
Oei
Tjihien Hwat alias Handoyo Wibowo, atau yang lebih dikenal dengan Koh Hwat,
lahir 10 Februari 1952. Sejak april 1999 ia mulai menekuni geguritan, yaitu
menulis sajak atau puisi dalam bahasa Jawa. TAhun 2000 ia menerbitkan buku
pertama yang berisi 99 judul sajak dan geguritan, yang seluruhnya ditulis
tangan. Tahun 2002 terbit buku kedua berisi 333 judul, dan buku ketiga terbit
tahun 2009 berisi 999 sajak/geguritan. Ditambah dengan sajaknya yang ditulis
dengan bahasa Indonesia dan Inggris, ia telah menulis lebih dari 1.800 judul
puisi. Geguritan Koh Hwat yang juga seorang pengusaha ini mengandung nila
ajaran hidup filosofi Jawa. Geguritannya kecuali dibukukan juga dituliskan di
atas kaus dan dajukan untuk umum, bahkan diremkam dalam VCD.
Kalimat
resensi yang menyatakan keungulan kepengarangan sesuai dengan penjelasan
tersebut adlaah…
A.
Tulisan tangan Koh Hwat pada buku puisinya yang
oertama sangat bagus dan rapi tsehinggu mudah dibaca dan dpahami.
B.
Ia adalah seorang warga negara Indonesia keturunan
Tionghoa yang memiliki kemampuan dalam menulis puisi dalam bahasa Jawa.
C.
Meski belum dimasukkan dalam kelompok penyair
nasional, jumlah geguritan yang sudah diciptakannya sungguh fantastis.
D.
Geguritan Koh Hwat sudah diabadikan di atas kaus ,
dibukukan, dan dilestarikan leawt remkaman VCD.
E.
Buah kayra Koh Hwat semula hanya untuk kalangan
sendiri tetapi akhirnya bisa dinikmati oleh umum.
UN 2013/2014
43. Bacalah teks puisi berikut dengan cermat!
TErbangkan Puisiku
tak
usah menghiburku lagi angin
belukat
telah manri dan dedaunan mewarnai langit
namun
jelaga memasung gelisahkau di hamparan kelam
aku tak
bisa mengikutimu, angin
walau
sayap berpuisi ingin membawaku bebas
tak
terbentur bentuk takut
tak
usah menghiburku lagi, angin
dank
au semakin berembus
semilir
tak bisa membebaskanku
namun
terbangkanlah puisi-puisiku
(Ira RAna
Isaura)
Kalimat
kritik bersifat negative yang tepat untuk puisi tersebut adalah…
A.
Sajak “Terbangkan Puisiku” menarik karena penyair
cermat menggunakan diksi, rima dan irama.
B.
Penyair mampu mengungkapkan perasaannya, tetapi akan
lebih baik kalau ia memperhatikan rima
C.
Penyair ragu membuat ungkapan yang padat sehingga
pembaca tidak terkesan dengan puisi tersebut.
D.
Kata-katanya lebih padat sehingga imajinasi pembaca
lebih pasti dalam menafsirkan puisi tersebut.
E.
Penyair tidak menunjukkan kepekaan yang baik dalam
mengolah unsur bunyi bahasa.
UN 2013/2014
44. Cermatilah penjelasan beriktu ini!
BAhwa
impian berada di balik gelap, jelaslah hal itu menunjukkan bahwa menggapai
impian tidaklah mudah. Larik puisi kulihat
hidup/ hingga tergenang air mataku
semakin menunjukkan betapa sulitnya menggapai impian. Tetapi tekad sisiku untuk
meraih impian itu sedemikian kuat. Jadilah si aku berada antara harapan dan
kecemasan. Cemas kalau-kalau impian tidak tercapai, sekaligus berharap impian
kita tercapai.
Kalimat
esai sesuai dengan kutipan tersebut adalah…
A.
Penyair menegaskan bahwa untuk menggapai impian dimulai
dari sesuatu yang gelap.
B.
Meskipun untuk menggapai impian sangat sulit, sisiku
tetap berharap dia mampu menggapainya.
C.
Gelap akibat sebagai sesuatu yang indah dan dibalik
gelap mimpi yang indah akan tergapai.
D.
Si siku berusaha menggapai impian di balik kegelapan
yang dianugerahkannya sangat indah menawan.
E.
Si siku selalu menangis di malam hari karena ketakutan
dalam gelap impiannya tak tercapai
UN 2013/2014
45. Perhatikan kutipan resensi berikut!
Judul
: 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia
Penulis
: Sri Mulyani
Penerbit
: Langensari Publishing Yogyakarta
Cetakan
: 1, 2013
TEbal
: viii + 130 halaman
Pada zaman dahulu permainan
tradisional adalah permainan ayang paling disukai anak-anak, Jenis permainan
ini hanya memanfaatkan alam dan lapangan yang luas seperti permainan benteng, gobag, sodor, bekelan dan jaranan. Bahkan
kita membutuhkan peralatan, peralatannya pu tak sukar dan bisa didapatkan di
sekitar tempat permainan tersebut. Sayang kini permainan-permainan tersebut lambat
laun mudah terkalahkan dengan permainan canggih dan serba teknologi sperti
mobil remote control, playstation, dan
game online.
Sangat tepat penulis buku ini membuat buku
yang berisi kumpulan permainan tradisional. Ada banyak misi dan manfaat yang
banyak didapatkan di dalamnya, yaitu kekompakan , kebersamaan, sampai
sportivitas. Berbeda jauh dengan permainan berteknologi yang hanya memberi
manfaat kesenangan semu.
Selain itu, orang tua dapat
bernostalgia ketika masih menjadi anak-anak dengna memainkan permainian
tradisional tersebut. Tentunya membaca kembali buku ini. Memahami dan
mengingat-ingat cara bermain bersama. Mengenalkan kembali permainan tradisional
artinya menjaga agar permainan tradsional tersebut tidak ditinggalkan oleh
anak-anak. Apalagi dalam bermain bisa sekaligus belajar.
Tampilannya cukup menarik, baik
sampul dan isi setiap halaman dengan berbagai grafis dan ilustrasi
gambar-gambar sehingga tidak membuat jemu untuk selalu membacanya. Buku ini
akan tidak ada artinya jika tidak langusng diprakikkan bersama keluarga ataupun
teman-teman.
Dwi
Cahya Maristiyawan, Bidang
advokasi dan KIE BKK PP
dan Kabupaten Bantul
Kalimat
resensi berdasarkan kutipan tersebut adalah…
A.
Pada zaman dahulu permainan tradisonal/ adalah
permaninan yang paling disukai anak-anak.
B.
BErbeda jauh dengan permainan berteknologi yang hanya
meberi manfaat kesenangan semu.
C.
TAmpilan buku cukup menarik, baik sampul , dan isi
setiap halaman dengna berbagai grafis dan ilustrasi.
D.
Mengenalkan kembali permainan tradisional sama artinya
menjaga permainan tradisonal tidak ditinggalkan anak-anak.
E.
Selain itu, orang tua dapat bernostalgia ketika masih
menjadi anak-anak dengan memainkan permainan tradisional
UN 2013/2014
46. Cermati puisi berikut!
Sajak TEntang Sebuah Mimpi
Seorang anak yang malang
mimpi ketemu sinterklas tadi malam
katanya : “Sorga ada di bawah telapak kaki
ibu”
Pagi-pagi sekali anak yang malang itu
menangis di depan ibunya
yang telah terputus kedua kakinya
Adegan ini sesungguhnya sangat mengharukan
tetapi kalau nasib menghendakinya begitu
kita mau apalagi?
(Karya:
Noorca Mahendra)
Kalimat kritik sesuai dengan puisi
tersebut adalah…
A. NoorcaMahendra adalah seorang penyair yang
kurang peka dalam mengangkat kehidupan rakyat kecil yang mengharukan
B. Penyair sangat kreatif mengangkat
kesedihan dengan kelucuan
C. Tema “Masalah sosial” menjadi puisi yang
dibuat para penyair kontemporer sehingga sulit dipahami pembaca.
D. Puisi “Sajak tentang sebuah mimpi”
mengungkapkan keluguan seorang anak yang menangisi kaki ibunya.
E. Puisi “Sajak Tentang Sebuah Mimpi” menjadi
sarana untuk mengangkat kehidupan anak kecil.
UN
2013/2014
47. Cermatilah puisi berikut!
Pengakuan
Kucari
ke mana saja
ku takut
dosa bersama
baru
kejar
kupusing
pening
Kalimat kritik yang sesuai dengan puisi
tersebut adalah…
A. Kata-kata yang dipakai penyair sudah sering
digunakan.
B. Puisi tersebut hemat kata kaya makna
C. Puisi tersebut menggambarkan keindahan
alam.
D. Penyair menggunakan majas dalam puisinya.
E. Puisi tersebut menggambarkan keindahan
alam dan kaya makna
UN
2013/2014
48. BAcalah dengan cermat puisi berikut!
Salju
Oleh : Wing Karjo
Ke manakah pergi
Mencari matahari
Ketika salju turun
Pohon kehilangan daun
Ke
manakah jalan
Mencari
lindungan
Ketika
tubuh kuyup
Dan
pintu pun tertutup
Ke manakah lagi
Mencari
api
Ketika
bara hati
Padam
tak berarti
Ke manakah pergi
Selain mencuci diri
Kalimat kritik yang sesuai dengan
penggunaan diksi dalam larik puisi tersebut adalah…
A. Penyair menggunakan kata-kata yang sangat
lazim sehingga mudah memahami puisi secara gamblang.
B. Penggunaan kata bermakna simbolik harus
dipahami pembaca untuk memahami puisi dengan baik.
C. Begitu membaca puisi si pembaca dengan
cepat menangkap isinya secara langsung.
D. BAnyaknya penggunaan kata yang
berulang-ulang perlu dihindari penyair.
E. Diksi yang disajikan untuk memiliki makna
dan hanya permainan bunyi.
UN
2013/2014
49. Perhatikan resensi berikut! Data Novel Area X karya Elisa V.
Handayani 1. Jenis : novel fiksi-sains yang bersifat futuristik 2. Tahun 1999
memenangkan lomba penulisan Nasional Film/Video 3. Menunjuk pada 33 buku
literatur, jurnal, serta buletin (edisi 1975 - 2002) Kalimat resensi yang
berisi keunggulan novel Area X sesuai ilustrasi tersebut adalah ........
A . Novel fiksi-sains yang bersifat futuristik ini pernah
memenangkan lomba penulisan Nasional Film/Video tahun 1999. Dalam
penyempurnaannya, novel ini merujuk pada 33 buku literatur, jurnal, dan buletin
(edisi 1975-2002).
B . Tidak mengherankan, novel sejenis Supernova ini memesona
banyak orang karena pengarangnya berhasil mengintroduksikan batas eksplorasi
sains abad 20 dan spiritualitas dalam jalinan cerita fiksi dan konflik.
C . Novel yang mengisahkan Yudho dan Rocky, mahasiswa pascasarjana
komputer, yang melakukan penyusupan di Area X karena kecurigaan adanya
penampakan misterius dan proyek pembuatan manusia super
D . Kendati novel ini memenangkan lomba penulisan Nasional
Film/Video tahun 1999 dan merupakan novel fiksi-sains, namun terlihat jelas
sebagai sebuah novel atau film sifatnya terlalu mengada-ada.
E . Akan lebih baik bila, dalam cetakan berikutnya Eliza
menambahkan catatan, glosarium agar pembaca lebih mudah memahami alur cerita.
50. UN tahun 2004/2005: Perhatikan resensi berikut!
Data
Novel Area X karya Elisa V. Handayani
1.
Jenis: novel fiksi-sains yang
bersifat futuristik
2.
Tahun 1999 memenangkan lomba
penulisan Nasional Film/Video
3.
Menunjuk pada 33 buku literatur,
jurnal, serta buletin (edisi 1975-2002)
Kalimat resensi
yang berupa keunggulan Novel Area X sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Novel fiksi-sains yang bersifat
futuristik ini pernah memenangkan lomba penulisan Nasional Film/Video tahun
1999. Dalam penyempurnaannya, novel ini merujuk pada 33 buku literatur, jurnal,
dan buletin (edisi 1975-2002).
B.
Tidak mengherankan, novel sejenis
Supernova ini memesona banyak orang karena pengarangnya berhasil mengi
troduksikan batas eksplorasi sains abad 20 dan spiritualitas dalam jalinan
cerita fiksi dan konflik.
C.
Novel yang mengisahkan Yudho dan
Rocky, mahasiswa pascasarjana komputer, yang melakukan penyusupan di Area X
karena kecurigaan adanya penampakan misterius dan proyek pembuatan manusia
super.
D.
Kendati novel ini memenangkan
lomba penulisan Nasisonal Film/Video tahun 1999 dan merupakan novel
fiksi-sains, namun terlihat jelas sebagai sebuah novel atau film sifatnya
terlalu mengada-ada.
E.
Akan lebih baik bila, dalam
cetakan berikutnya Eliza menambahkan catatan, glosarium agar pembaca lebih
mudah memahami alur cerita.
PEMBAHASAN
Un tahun
2013/2014 nomor 1 s/d 3
1.
Simpulan merupakan hasil penalaran dari pernyataan-pernyataan
sebelumnya. Simpulan pada paragraf harus berkaitan dengan semua gagasan yang
dijelaskan sebelumnya. Simpulan merupakan hasil penalaran dari
pernyataan-pernyataan sebelumnya.
Penggalan paragraf tersebut
menceritakan tentang hal-hal yang sama dibuat orang.
-
Pengajaran sastra di Indonesia dari hari ke hari semakin sarat
dengan persoalan.
-
Keluhan dari para guru dan sastrawan tentang rendahnya tingkat
apresiasi sastra menjadi bukti konkret persoalan dalam pembelajaran sastra di
sekolah.
-
Persoalan yang dimaksud diantaranya kemmampuan dasar para guru di
bidang kesusastraan sangat terbatas, buku dan bacaan penunjang juga terbatas,
kurikulum hanya menempelkan pembelajaran sastra dan pembelajaran bahasa Indonesia,
serta minat siswa terhadap sastra sangat rendah.
Jadi, simoulan paragraf tersebut adalah Pembelajaran sastra di sekolah bermasalah.
Jawaban
: D
2.
Puisi merupakan ungkapan perasaan tentang hidup dan kehidupan.
Oleh karena itu, isi puisi sama halnya dengan mengungkapkan perasaan.
Majas adalah bahasa kias, bahasa yang
dipergunakan untuk menciptakan efek tertentu yang menggambarkan pikiran dan
perasaan pengaran/
Kritik : adalah cela;celaan;kecam;kupas.
Kalimat kritik sesuai dengan penggalan
puisi tersebut adalah:
Adanya huruf kapital dan tanda baca pada larik-larik puisi
tersebut akan memberikan kebebasan penafsiran. Jawaban
: A
3.
Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan yang berisi penilaian
baik-buruknya sebuah hasil karya sastra. Kalimat resensi yang sesuai dengan
penjelasan karya sastra tersebut adalah:
Novel Sihir Negeri Pasir melukiskan latar yang kuat dan konflik
yang menarik.
Jawaban
: B
4. Pembahasan UN 2014/2015
Kritik berarti celaan atau cercaan, atau kecaman. Namun kritik juga
bisa diartikan sebagai karangan atau ulasan tentang baik-buruknya suatu hasil
karya, misalnya puisi. Isi ulasan ini bisa berkenaan dengan pilihan kata, ema,
ataupun acara pengungkapannya.
Pada puisi tersebut sebaiknya TAufik Ismail menggunakan kata ganti
kita.
Jawaban
: B
5. Pembahasan Un
Tahun 2014/2015
Simpulan merupakan hasil penalaran dan pernyataan-pernyataan
sebelumnya.
Jadi, kesimpulan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah
“Jelaslah bahwa Taufiq Ismail sangat memperhatikan pemakaian bahasa dalam
setiap karyanya.”
Jawaban
: D
6. Pembahasan Un
Tahun 2014/2015
Resensi merupakan penalaran sebuah buku,
baik berisi kekurangan maupun kelebihan buku. Resensi juga berisi informasi
kepada pembaca mengenai gambaran sebuah buku, apakah baik untuk dibaca ataukah
tidak. Kalimat resensi yang tepat terdapat pada teks 2. Karena member informasi
penilaian terhadap isi dan keunggulan Novel 5 Menara.
Jawaban
: D
7.
Kunci : A 11
Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2005 Penyelesaian : Data novel yang diresensi
menunjukkan keunggulan karena di situ dijelaskan mulai dari jenis novel yang
bersifat futuristik menuju ke masa depan, juga pernah memenangkan lomba atau
merujuk kepada 33 buku literatur.
8.
UN TAHUN 2001
Kunci
: A Penyelesaian : Resensator dalam menulis resensi terhadap sebuah karya dapat
menilai dari segi isi, jenis keunggulan dan kelemahan. Kutipan resensi itu
mengungkap bagian jenis karya dapat diperhatikan pada bagian pertama : - karya
lukis dapat digolongkan dalam seni lukis - seniman Jerman dengan seni pahat,
lukis, ukir atau bangunan - karya lain seperti candi-candi, museum Lukis,
pahat, ukir, bangunan, dan museum termasuk jenis karya.
9.
UN TAHUN 2000
Kunci : C
Penyelesaian : Resensi di atas lebih menekankan pada kelemahan dan kelebihan
yang ada
10. UN TAHUN 2001
Kunci : D
Penyelesaian : Kutipan tersebut meresensi gaya penulisan cerita yang diperkuat
pada kalimat ketiga dan keempat:
11. UN TAHUN 2004
Kunci : E
Penyelesaian
: Bagian-bagian resensi yaitu : 1. Identitas buku 2. Unsur-unsur sifat buku 3.
Kelebihan dan kekurangan yang disampaikan secara objektif. Yang tidak perlu
dituangkan dalam resensi adalah kesesuaian harga buku dengan kebutuhan
masyarakat
12. 7 Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2000
Kunci
: D
Penyelesaian
: Penggalan resensi di atas merupakan unsur resensi yang menunjukkan kelemahan
buku. Terlihat dari kalimat "Akibatnya, buku itu over repetitive, kurang
bermutu,dan kurang perbandingan."
13. Kunci : A 11 Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 1999 Penyelesaian :
Data novel yang diresensi menunjukkan kekurangan/kelemahan novel tersebut
karena di situ dijelaskan Bagi yang tidak senang membaca karya sastra memang
buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.
14. UN tahun 2013 , Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan sesuai
dengan penjelasan tersebut adalah pilihan jawaban C karena menggunakan kalimat
pujian. Pilihan jawaban C karena menggunakan kalimat pujian
Jawaban
: C
15. Un tahun 2013, Kalimat kritik yang berupa kelemahan terdapat pada
pilihan jawaban C kalimat kritik
mengandung kalimat berupa kelemahan.
Jawaban
: C
16.
Un tahun 2013
Esai
sastra adalah karangan prosa yang membahas sebuah karya sastra secara sepintas
lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Esai sastra menyoroti kelebihan dan
kelemahan sebuah karya sastra. Kelebihan dan kelemahan itu menyangkut unsur
instrinsik yang membangun karya sastra tersebut. Kalimat esai yang sesuai
dengan kutipan cerpen tersebut adalah Sebagai cerita yang
mengisahkan kehidupan guru yang ditempatkan di pedesaan, cerita ini mampu
menampilkan konflik batin sang guru. Bahasa yang digunakan lugas dan jelas. Jawaban
: A.
17. UN 2012, Resensi adalah pertimbangan atau penilai terhadap baik
buruknya hasil sebuah karya sastra. Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan
dalam novel “Memory in Sorng” adalah :” Alur cerita terasa biasa dan mudah di tebak si pembaca kelanjutan
ceritanya. Jawaban : E
18. UN 2012, Bahasa yang digunakan
penggalan cerpen tersebut tidak semua menggunakan bahasa Indonesia, maka
kalimat kritik yang sesuai adalah Penggunaan bahasa Jawa dalam cerpen
“Perkawinan” agak mengganggu karena tidak semua pembaca memahami makna pilihan
katanya. Jawaban : C
19. UN 2012, Simpulan adalah keputusan yang diperoleh berdasarkan
metode berpikir, induktf dan deduktif. Simpulan merupakan hasil penalaran dari
pernyataan-pernyataan sebelumnya. Gagasan utama dalam paragraf tersebut
terdapat di awal paragraf,yaitu berbicara tentang masalah sajak, kita sering
menjumpai kata-kata masih mentah, gaga sebagai sajak, tiak berbobot. Dengan
demikian, kesimpulan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah Banyak karya sastra berupa sajak, namun tidak tergolong ke dalam
sajak berkualitas. Jawaban
: A
20. Un tahun 2010/2011 Kritik adalah ce;a;celaan;kecam;kupas.
Kalimat kritik yang sesai dengan penjelasan tersebut adalah Cerpen
Bom karyaPutu Wijaya isi ceritanya seharusnya komunikatif, apalagi bentuknya
yang nonkonvensional supaya dapat dipahami pembacanya. Jawaban :
A
21.
UnTahun 2010/2011, Simpulan merupakan hasil penalaran dari pernyataan-pernyataan sebelumnya.
Penggalan paragraf tersebut menceritakan tentang hal-hal yang sama dibuat orang
·
Pada periode awal kepenyairannya, Taufiq
Ismail cenderung menekankan citraan visual dalam
menggambarkan pengalaman estetik yang dibentuk oleh pengamatnannya yang tajam
terhadap momen-momen penting peristiwa sejarah.
·
Ia
mendayagunakan kekuatan bahasa figurative (majas), puisi yang efektif untuk
membangun imajinatif pembaca.
·
Sejak
tahun 1970-an hingga periode mutakhir kepenyairannya, sajak-sajak Taufiq
cenderung “prosaic naratif”
·
Ia
menggunakan bahasa diskursif diselingi
permainan kata yang indah dan memikat .
Jadi, kesimpulan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah “Jelaslah,
bahwa pada awal kepenyairannya Taufiq terlibat dengan langsung peristiwa
sejarah dan pada periode berikutnya ia terlibat melalui perasaan dan
pikirannya.” Jawaban : D
22.
Un TAhun 2010/2011 Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan yang berisi
penilaian baik-buruknya sebuah hasil karya sastra.
Resensi yang disertai alas an yang tepat pada kutipan tersebut
adalah “Kutipan 2 karena isi mencakup judul dan pengarang, tema, kilasan
isi cerpen, penggunaan bahasa, dan mengungkapkan keunggulan cerpen.” Jawaban : D
23. UN tahun 2010/2011,
Kutipan esai berikut, menceritakan
antibiotic sebagai obat untuk menanggulangi infeksi bakteri. Selain itu,
antiobiotik ini sangat penting karena infeksi bakteri dapat menyerang di bagian
tubuh manapun. Jadi, hal yang diungkapkan dalam kutipan esai pada soal adalah “Kegunaan
antibiotik bagi tubuh manusia”
Jawaban
: C
24. UN
TAHUN 2009/2010; Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan tersebut adalah :” Penyakit malaria
memang selalu mengakibatkan timbulnya penyakit lain karena lemahnya daya tahan tubuh. Jawaban : D
25. UN
TAHUN 2009/2010 ;Resensi adalah sebuah
tulisan atau ulasan yang berisi penilaian baik buruk nya sebuah hasil karya
sastra.
Kalimat resensi, yang menyatakan keunggulan novel tersebut adalah:
“Novel
sang pemimpi karya Andrea Hirata merupakan cerita yang sangat sederhana dan
wajar sehingga digemari pembaca.” Jawaban : C
26. UN
TAHUN 2009/2010; Kalimat kritik yang
sesuai deng penjelasan teks tersebut adalah :
“Seharusnya
kaum intelektual memberikan contoh yang baik kepada generasi muda bukan
memberikan contoh yang negatif.” Jawaban : E
27. UN TAHUN 2008/2009; Resensi adalah suatu
ulasan atau tulisan yang berisi penilaian baik buruknya sebuah hasil karya sastra.
Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan
buku tersebut adalah :
“Penulis buku tidak teliti dan
tidak mendalam mengulas masalah.”
28. UN TAHUN 2007/2008; Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah: Akan tetapi, mereka mendorongku dengan kasar,
membiarkan aku, terjungkal di atas lantai. Jawaban : C
29. UN TAHUN 2007/2008; Simpulan yang tepat dalam resensi sesuai
ilustrasi tersebut adalah “Buku ini layak dimiliki pembaca yang ingin belajar
memahami puisi.
Jawaban
: D
30. UN TAHUN 2006/2007; Dari ilustrasi pada
soal dijelaskan bahwa penggunaan kata-kata Hemingway mampu meyakinkan pembaca
seakan persis dalam kehidupan nyata. Jadi, kalimat resensi yang relevan dengan
ilustrasi yang menyatakan keunggulan cerpen terdapat pada opsi A Jawaban : A
31. UN
TAHUN 2007/2008; Berdasarkan
data buku tersebut, jika disusun menjadi kalimat resensi tentang keunggulan
novel adalah St. Takdir Alisyahbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan
dalam dunia pendidikan. Jawaban : D
32. UN
TAHUN 2005/2006; Resensi adalah suatu ulasan atau tulisan yang berisi penilaian
baik buruknya sebuah hasil karya sastra.
Kalimat
resensi yang mengungkapkan keunggulan buku tersebut adalah Cerita dapat
diterima akal sehat dan tidak membosankan . JAwaban
: A
33. UN TAHUN 2013/2014 ;Kalimat resensi yang menyatakan tingkat keterbacaan atau kecocokan
isi bagi pembacanya adalah Buku
yang mencatat sebagian pergerakan atau perjalanan para pahlawan ini penting
dibaca semua kalangan.
Jawaban
: C
34. UN tahun 2013/2014; Kalimat kritik yang tepat sesuai dengan
kutipan tersebut adalah Sajak “mencari” karya
Sanusi Pane memiliki kekhususan yang temanya hanya dipahami para penulis sufi dan sulit dipahami
oleh masyarakat awam.
UN tahun 2013/2014 nomor
35 s/d 49
35.
Simpulan merupakan hasil penalaran dari pernyataan-pernyataan
sebelumnya. Simpulan pada paragraf harus berkaitan dengan semua gagasan yang
dijelaskan sebelumnya. Simpulan merupakan hasil penalaran dari
pernyataan-pernyataan sebelumnya.
Jadi,
kesimpulan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah “BAnyak karya sastra
berupa sajak, namun tidak tergolong ke dalam sajak berkualitas.”
Jawaban
: A
36. Kritik
adalah ce;a;celaan;kecam;kupas. Kalimat kritik yang sesai dengan penjelasan
tersebut adalah Isi cerpen ini sulit dicerna karena hanya mengungkapkan
halusinasi yang menimbulkan keanehan dan kebingungan pembacanya.
JAwaban
: A
37. Kalimat
resensi yang menyatakan keunggulan berdasarkan ilustrasi tersebut adalah:
“Ahmad
Tohari memahami dengan baik adat dan trasdisi masyarakat desa yang
diceritakannya.” Jawaban
: B
38. Resensi
adalah suatu ulasan atau tulisan yang berisi penilaian baik buruknya sebuah
hasil karya sastra.
Kalimat
resensi yang mengungkapkan keunggulan buku tersebut adalah :Ayat-Ayat Cinta sebuah novel islami yang
menyajikan nilai-nilai ajaran agama Islam dengan gaya artistic yang berbeda
dengan novel yang sejenisnya. Jawaban
: D
39. Kalimat
kritik sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah:
Cerita
ini sebenarnya menarik. Namun dalam kenyataan, mungkinkah seorang murid berani
membuka-buka buku milik guru, apalagi dengan tujuan mencontek.
Jawaban
: B
40. Kalimat
esai yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah :
“Sebagai
cerita yang mengisahkan kehidupan di desa cerita ini mengisahkan seorang guru
yang ditugaskan di desa. Ia hidup di tengah masyarakat desa yang hidup sertba
kekurangan.” Jawaban : B
41. Kritik
berarti celaan atau cercaan, atau kecaman. Namun kritik juga bisa diartikan
sebagai karangan atau ulasan tentang baik-buruknya suatu hasil karya, misalnya
puisi. Isi ulasan ini bisa berkenaan dengan pilihan kata, ema, ataupun acara
pengungkapannya. Puisi
kurang jelas makna dan sajaknya. Jawaban
: D
42. Kalimat resensi yang tepat berdasarkan
kutipan tersebut adalah novel “Manjati dan Cakrabirawa” terbagi menajdi tiga
tema besar : Rahasia, Misteri dan Teka-teki.
Jawaban
: A
43.
Resensi adalah suatu ulasan atau tulisan
yang berisi penilaian baik buruknya sebuah hasil karya sastra. Kalimat resensi
yang mengungkapkan kepengarangan adalah
Meski belum dimasukkan dalam kelompok penyair nasional, jumlah geguritan yang
sudah diciptakannya sungguh fantastis. Jawaban
: C
44.
Kritik
berarti celaan atau cercaan, atau kecaman. Namun kritik juga bisa diartikan
sebagai karangan atau ulasan tentang baik-buruknya suatu hasil karya, misalnya
puisi. Isi ulasan ini bisa berkenaan dengan pilihan kata, tema,
ataupun acara pengungkapannya.
“Penyair
tidak menunjukkan kepekaan yang baik dalam mengolah unsur bunyi bahasa.”
Jawaban
: E
45.
Kalimat esai sesuai dengan kutipan
tersebut adalah:
Meskipun
untuk menggapai impian sangat sulit, sisiku tetap berharap dia mampu
menggapainya. Jawaban : B
46. Resensi
adalah suatu ulasan atau tulisan yang berisi penilaian baik buruknya sebuah
hasil karya sastra.
Kalimat resensi berdasarkan kutipan
tersebut adalah:
“TAmpilan buku cukup menarik, baik sampul , dan isi
setiap halaman dengna berbagai grafis dan ilustrasi.” Jawaban : C
47.
Kritik
berarti celaan atau cercaan, atau kecaman. Namun kritik juga bisa diartikan
sebagai karangan atau ulasan tentang baik-buruknya suatu hasil karya, misalnya
puisi. Isi ulasan ini bisa berkenaan dengan pilihan kata, tema,
ataupun acara pengungkapannya.
“Penyair sangat kreatif mengangkat
kesedihan dengan kelucuan”
Jawaban
: B
48. Kalimat kritik yang sesuai dengan puisi
tersebut adalah
Kata-kata yang dipakai penyair sudah
sering digunakan. Jawaban : A
49. Kalimat kritik yang sesuai dengan
penggunaan diksi dalam larik puisi tersebut adalah
Penyair menggunakan kata-kata yang sangat
lazim sehingga mudah memahami puisi secara gamblang. Jawaban : A
50. Ebtanas/Bahasa
Indonesia/Tahun 2005
Kunci : A Penyelesaian : Data novel yang diresensi menunjukkan
keunggulan karena di situ dijelaskan mulai dari jenis novel yang bersifat
futuristik menuju ke masa depan, juga pernah memenangkan lomba atau merujuk
kepada 33 buku literatur.
Daftar Pustaka
1.
Tim Studi Guru.2014.Cara Cepat & Mudah Taklukkan UN SMA/MA
IPA 2015.Yogyakarta:Indonesia Tera.
2.
Tim Kawan Pustaka.2008.Fokus Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Nasional
SMA IPS. Jakarta:Kawan Pustaka.
3.
Supadi,S.Si,M.Si,dkk.2014.99% Ujian Nasional SMA/MA 2015.Jakarta
Selatan:Gramedia.
5.
Tim Studi Guru.2012.Jurus Jitu Lulus UN SMA/MA IPA 2013.Yogyakarta:Indonesia Tera.
Comments
Post a Comment